Kabupaten Lahat
Tingkatkan Kualitas, Disdukcapil Lahat Buka Pelayanan Publik di Merapi
LAHAT SUMSEL, MLCI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lahat secara langsung buka pelayanan publik di Desa Merapi Kecamatan Merapi Barat. Jumat (11/4).
Terlihat kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat setempat, terutama warga lanjut usia dan penyandang disabilitas serta mereka yang selama ini mengalami kendala untuk datang langsung ke kantor Disdukcapil.
Kepada awak media, Kepala Dinas Dukcapil Lahat Dedi Supriadi SE MM mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat dalam memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat hingga ke pelosok desa.
“Program jemput bola ini kami rancang untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Tidak semua warga memiliki akses mudah ke pusat layanan, jadi kami hadir langsung ke desa-desa untuk memastikan tidak ada yang tertinggal dalam urusan administrasi kependudukan,” jelas Dedi.
Pelayanan yang diberikan, sambungnya, meliputi perekaman dan pencetakan KTP-el, penerbitan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan dokumen penting lainnya.
“Tim Disdukcapil membawa peralatan lengkap dan langsung memproses data warga di tempat sehingga mempersingkat waktu dan memangkas birokrasi,” terang Dedi.
Sementara itu, Kepala Desa Merapi Erdadi menyampaikan apresiasinya atas perhatian dan langkah cepat Disdukcapil Lahat dengan harapan kegiatan semacam ini bisa terus berlanjut secara berkala.
“Kami sangat berterima kasih kepada Disdukcapil. Warga kami merasa sangat terbantu. Banyak yang selama ini kesulitan mengurus dokumen karena keterbatasan transportasi,” imbuh Kades.*** (Rochmiatun)