Kabupaten Lahat

SD N 11 Lahat Gelar Program Hafalan AL-QURAN Dan SHOLAT DHUHA, Ini Manfaatnya

Published

on

Jurnalis : Herlan Nudin

LAHAT SUMSEL – MLCI –  SD negeri 11 Lahat Adakan Program Hafalan AL-QURAN Dan SHOLAT DHUHA yang di Gelar setiap hari sebelum di Mulai kegiatan Pembelajaran di Sekolah ke Seluruh Siswa Siswi Kelas 1 (satu)  sampai Kelas VI (Enam).

Candra Arisandy S.Pd..M.PD Kepala Sekolah SD N 11 Lahat ketika dikinfirmasi Jurnalis medialematang.co.id menguraikan, Pemetaan kemampuan awal Melakukan tes bacaan Al-Qur’an untuk mengetahui tingkat kemampuan awal siswa.

Kemudian pengidentifikasi kendala: Mengidentifikasi kendala yang dihadapi siswa dalam proses menghafal, seperti kesulitan dalam melafalkan kata-kata tertentu atau kurangnya pemahaman terhadap makna ayat.

Setelah itu, Penentuan tujuan yaitu Menetapkan tujuan yang ingin dicapai, misalnya, menghafal juz 30 dalam waktu 6 bulan. “Ungkapnya

Seraya menambahkan, “Perancangan Program Pemilihan metode: Memilih metode hafalan yang sesuai dengan karakteristik siswa, misalnya metode bandongan, qiroati, atau kombinasi keduanya.

Dan Pembagian materi untuk Membagi materi hafalan menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah dipahami dan dihafal oleh siswa siswi. “tuturnya

Dikatakan Candra Arisandy lebih Jauh, kemudian para Dewan Guru mulai Mebuat jadwal dan Membuat jadwal hafalan yang realistis dan fleksibel, mempertimbangkan waktu belajar siswa serta Pemilihan media pembelajaran yang menarik dan efektif, seperti audio, video, atau aplikasi pembelajaran Al-Qur’an.

Setelah itu, diteruskan Pelaksanaan Program seperti Pembelajaran tatap muka secara rutin dengan guru atau mentor yang berpengalaman guna Memberikan tugas mandiri kepada siswa untuk memperdalam hafalan di rumah dengan Melakukan evaluasi secara berkala untuk mengukur perkembangan hafalan siswa dan Memberikan motivasi hinga pemberian penghargaan kepada siswa yang berhasil mencapai target hafalan.

Setelah Hapalan, Dewan Guru atau Mentor Menganalisis data hasil evaluasi untuk mengetahui sejauh mana program telah berhasil guna menguatkan program jika diperlukan, misalnya dengan mengubah metode atau jadwal pembelajaran.

Jadi, Guru atau mentor yang memiliki pengetahuan yang baik tentang tajwid dan metode hafalan, Materi hafalan tidak hanya terbatas pada teks Al-Qur’an, tetapi juga mencakup tafsir, hadits, dan kisah-kisah para sahabat.

Dan Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dan menarik dapat meningkatkan motivasi siswa di Lingkungan belajar yang kondusif, tenang, bersih, dan nyaman dapat membantu siswa fokus dalam menghafal.

Diharapkan kedepan, kami dari pihak sekolah berharap bantuan dari orang tua untuk memotivasi siswa dalam mencapai tujuan hafalan sangat Penting.

Karna Manfaat Program Literasi Hafalan Al-Qur’an ini bertujuan untuk Meningkatkan kemampuan membaca dan memahami Al-Qur’an para Siswa dan Mencetak generasi muda yang Qur’ani guna Memperkuat karakter dan akhlak mulia. “Ujarnya

“alhamdulillah  sekarang di Sekolah kita siswa adakan Tadarus bersama seperti Membaca Al-Qur’an secara bersama-sama untuk melatih intonasi dan tajwid mulai dari Murojaah: Mengulang hafalan yang telah dipelajari, Tahsin: Memperbaiki bacaan Al-Qur’an dan
Diskusi tafsir: Membahas makna ayat-ayat Al-Qur’an.

Melaksanakan lomba hafalan untuk memotivasi siswa dalam Program Literasi Hafalan Al-Qur’an : Konsistensi adalah kunci keberhasilan dalam program hafalan, Proses menghafal membutuhkan kesabaran dan ketekunan.

Dan Berdoa: Meminta pertolongan Allah SWT agar diberikan kemudahan dalam menghafal dengan Belajar bersama teman sebaya dapat membuat proses hafalan menjadi lebih menyenangkan.

Semoga alur dan informasi ini,  bermanfaat bagi siswa dalam program literasi hafalan Al-Qur’an yang efektif dan setiap Jum’at kita adakan Program Jum’at berbagi untuk membiasakan Siswa siswi supaya tertanam Jiwa kebersamaan dan saling membantu antar sesaama. “tutup Candra Arisandi Saat diwawancari diruang kerjanya, kamis 24 Oktober 2024

Bagikan Berita :

Populer